Do and Don’t: Veneer Gigi

Veneer gigi adalah salah satu opsi untuk mendapatkan senyum yang cerah selain bleaching atau whitening gigi. Selain itu, veneer juga dapat membuat bentuk gigimu lebih sempurna. Jadi tak heran jika veneer sekarang semakin diminati.

Walaupun dalam proses pembuatan veneer ini memakan waktu yang cukup lama daripada perawatan bleaching atau whitening gigi (2-3 kali kunjungan), tetapi setelah pemasangan veneer gigi bisa bertahan hingga 10 tahun loh, asal tepat perawatannya. Ini cara yang dianjurkan memelihara gigi yang telah dipasang veneer agar awet lebih lama.

1. Jaga makan dan minum

Setelah memasang veneer sebaiknya hindari memakan makanan yang terlalu keras, atau minuman panas minimal 3-6 bulan. Setelahnya, diperbolehkan memakan makanan apa pun asalkan tetap berhati-hati saat mengunyah atau menggigit.

2. Jaga kebersihan mulut

Walaupun veneer yang terbuat dari porcelain anti noda, tetapi gigi belakang yang tidak terlapisi oleh veneer akan tetap bernoda. Jadi sebaiknya kalian tetap rajin menjaga kebersihan mulut ya.

3. Rutin scaling

Lakukan scaling setidaknya enam bulan atau setahun sekali untuk mencegah terjadinya timbunan plak pada sela-sela dan bagian belakang gigi yang tidak dipasang veneer.

4. Hindari penggunaan tusuk gigi

Karena lapisan veneer sangat tipis dan bisa juga disebut sebagai gigi ‘tambahan’. Pemeliharaan yang dilakukan pun harus lebih ekstra hati-hati dan sebaiknya hanya menggunakan peralatan yang memang dikhususkan untuk merawat gigi.

Share:

Leave a Reply