TMJ Syndrome atau Nyeri Rahang : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Temporomandibular joint syndrome adalah nyeri pada tulang temporal dan dua sendi pada rahang dekat telinga. Tulang dan sendi ini bersama otot dan ligamen membuka dan menutup rahang untuk berbicara, makan, dan menelan.

Gangguan TMJ bisa berupa nyeri saat membuka dan menutup rahang, bunyi clicking atau popping, nyeri pada telinga, sakit kepala, rahang terkunci atau bahkan rahang tidak dapat mengatup. Baik pria maupun wanita dapat menderita temporomandibular joint syndrome. Namun, kebanyakan orang dengan sindrom ini adalah perempuan yang sedang dalam masa puber dan menopause.

PENYEBAB

Pada banyak kasus gangguan sendi rahang tidak dapat didiagnosis berdasarkan gejala yang jelas. Tetapi pada umumnya gangguan pada sendi rahang biasanya disebabkan oleh:

  1. Dislokasi disk
  2. Kerusakan pada tulang rawan oleh arthritis
  3. Kerusakan sendi oleh karena benturan
  4. Kelelahan dari otot pada sendi

PENGOBATAN

Pada beberapa orang, gejala sendi rahang dapat hilang sendiri. Yang lainnya mungkinsembuh dengan obat dan terapi lainnya yang efektif. Obat resep dan tanpa resep, obat anti radang, dan kantong panas atau es dapat mengurangi rasa sakit. Makanan yang lebih lunak dan mengurangi kunyahan membantu mengurangi kerja otot rahang. Kawat gigi atau pelindung lapisan gigi yang mencegah gigi menggertak dapat mengatasi masalah gigi dan rahang.

Share:

Leave a Reply