Gingivectomy

Gingivektomi atau sering juga disebut bedah flap periodontal adalah prosedur bedah untuk mengangkat gingiva atau gusi. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengatasi permasalahan dan penyakit pada gusi, misalnya menghilangkan kantong gusi yang terbentuk ketika gusi terlepas dari gigi hingga gummy smile. Prosedur ini juga membantu mencegah gigi tanggal dan menjaga kekuatan tulang di mulut. Setelah beberapa hari, jaringan dan epitelium di permukaan gusi akan tumbuh kembali.

Penyakit periodontal sering terjadi pada banyak orang dewasa. Penyakit ini ditandai dengan peradangan jaringan gusi. Jika dibiarkan saja, jaringan lunak dan tulang dapat rusak. Akibatnya, gigi akan tanggal. Penyakit ini biasanya diawali dengan serangan dari bakteri yang menghasilkan plak. Plak akan semakin mengeras dan menjadi karang gigi atau tartar. Gusi pun meradang dan kantong gusi semakin dalam. Jika sudah parah, karang gigi tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi atau benang gigi. Gusi juga dapat berdarah.

Prosedur ini dilakukan secara bertahap, yaitu per kuadran. Pasien yang karang giginya sangat banyak mungkin perlu menjalani gingivektomi selama beberapa kali. Dokter akan memberi antibiotik untuk mencegah infeksi. Prosedur ini juga membantu mencegah gigi tanggal dan menjaga kekuatan tulang di mulut. Setelah beberapa hari, jaringan dan epitelium di permukaan gusi akan tumbuh kembali.

Share:

Leave a Reply