Bau Mulut, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Selain gigi yang bersih dan sehat, nafas yang segar adalah faktor yang mendukung penampilan. Tiap orang tentu ingin menghindari punya bau mulut yang tidak sedap. Bukan hanya membuat tidak percaya diri, tapi bau mulut yang tidak sedap membuat lawan bicara jadi kurang nyaman. Bukan tidak mungkin jika pembicaraan jadi kurang berkualitas karena bau mulut yang kurang sedap.

APA PENYEBAB BAU MULUT?

1. Sinusitis

Banyak orang tidak menyadari bahwa sinusitis juga bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. arena sinusitis menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Parahnya, saat sinusitis menyerang, penderita tidak bisa mencium dengan baik, sehingga sering luput mendeteksi apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. Sinusitis sendiri sebenarnya adalah bentuk peradangan pada dinding sinus. Hal Ini umum terjadi  dan biasanya mencakup masyarakat di berbagai usia.

2. Mulut kering

Keringnya mulut karena ketiadaan air liur jelas membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Air liur di dalam mulut berperan untuk membunuh bakteri berlebih sehingga tidak sampai mengeluarkan bau tidak sedap. Nah, jika mulut kering dan tidak mengandung air liur, maka perkembangan bakteri di mulut jadi tidak terkendali dan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3. Gangguan saluran pencernaan

Gangguan pencernaan yang paling umum adalah maag dan penyakit asam lambung atau GERD. Saat terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan ke mulut. Nah, asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

4. Kebersihan mulut kurang terjaga

Ini adalah salah satu penyebab bau mulut yang sering diabaikan oleh orang. Sisa-sisa makanan pada gigi jika tidak dibersihkan dengan benar maka akan menyebabkan bakteri penyebab bau mulut mudah berkembang.

CARA MENCEGAH BAU MULUT

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu kata pepatah. Memang benar, mencegah lebih mudah daripada mengatasi saat bau mulut sudah menyerang. So, bagaimana cara mencegah bau mulut itu?

  1. Selalu menyikat gigi, minimal 2 kali sehari
  2. Ganti sikat gigimu secara rutin. Minimal setiap 2 (dua) atau 3 (tiga) bulan sekali. Atau saat sikatmu sudah mulai rusak
  3. Rutin periksa gigi di R+ Klinik Gigi minimal setiap 6 (enam) bulan sekali
  4. Makan makanan sehat
  5. Kurangi merokok
Share:

Leave a Reply