Gigi Ngilu Setelah Scaling, Kenapa?

Hasil gambar untuk scaling gigi

 

Salah satu upaya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi adalah dengan melakukan scalingScaling adalah posedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang  pada gigi . Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan kemudian mengeras seperti terumbu karang. Jika semakin lama dibiarkan maka karang gigi ini akan tumbuh diatas garis gusi hingga masuk ke dalam gusi. Namun, sayangnya tak sedikit orang yang mengabaikan tindakan pembersihan karang gigi atau scaling ini. Alasannya adalah takut gigi menjadi ngilu saat atau setelah dibersihkan.

Jadi sebenarnya apa penyebab gigi ngilu saat atau setelah dibersihkan?

  1. Saat scaling dokter akan membersihkan hingga ke karang gigi yang masuk ke dalam saku gusi. Tapi tidak perlu khawatir karena pembersihan ini dilakukan lebih dalam daripada menyikat gigi biasa.
  2. Ngilu saat scaling biasanya akan terjadi pada gigi yang memang sudah terjadi penurunan gusi. Jika sudah terjadi penurunan gusi, maka sebagian akar gigi akan terbuka dan bagian ini tidak mempunyai lapisan email. Bagian ini tersambung ke bagian saraf gigi melalui kanal atau saluran-saluran kecil, sehingga bila dibersihkan akan terasa lebih sensitif.
  3. Pada gigi yang tertumpuk karang gigi yang tebal. Karena pada sebelum pembersihan, bagian tersebut tertutup karang gigi. Setelah dibersihkan, bagian tersebut kembali terkena cairan dalam mulut lagi. Ibarat Anda memiliki luka yang ditutup plester dalam waktu lama, kemudian plester tersebut dibuka. Tentunya Anda akan merasakan bagian tersebut lebih sensitif.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir jika gigimu ngilu saat dan setelah scaling karena ngilu ini tidak akan berlangsung lama. Ngilu ini juga bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif atau tooth mouse.

Share:

Leave a Reply