Akibat Jika Gigi Hilang Tidak Diganti Gigi Tiruan

Banyak yang beranggapan bahwa gigi yang sudah dicabut atau hilang maka perawatan gigi akan selsesai sampai disitu. Eiitsss… itu adalah anggapan yang benar-benar salah. Ada beberapa dampak negatif apabila gigi yang hilang tidak segera diganti oleh gigi tiruan dan sejenisnya.

Hasil gambar untuk gigi hilang

1. Gigi yang hilang apabila tidak gantikan, maka gigi yang berada disebelah gigi yang hilang posisinya akan semakin miring karena gesekan saat mengunyah makanan. Akibatnya sisa makanan akan mudah masuk ke sela gigi dan akan menimbulkan karies yang baru pada gigi yang sehat.

2. Apabila gigi yang hilang adalah gigi bagian bawah, maka gigi atas akan semakin turun karena gigi atas tidak memiliki lawan saat mengunyah. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan susunan gigi menjadi tidak rata.

3. Selain itu, susunan gigi yang berubah akan berdampak pada otot-otot pipi dan pengunyahan serta sendi rahang. Kerja otot dan sendi rahang menjadi tidak balance yang dalam jangka panjang akan menimbulkan radang sendi atau dikenal dengan Temporomandibular Disorder (TMD)

4. Tentu saja, jika gigi hilang akan mengganggu penampilan dan estetika wajahmu, kan?

Jadi, rawat baik-baik gigimu yaa… Jika sudah terlanjur hilang atau dicabut segera buat penggantinya. Bisa gigi tiruan, implan, atau crown and bridge ya. Tentu saja pasangnya di R+ Klinik Gigi dong…

Share:

Leave a Reply